Hilangkan Jerawat

Jerawat membandel yang mengganggu penampilan. Bahkan, itu juga bisa membuat Anda tidak percaya. Namun, tenanglah. Ada banyak cara efektif untuk membantu menghilangkan dan mengelola jerawat di wajah.
Pilihan cara untuk mengatasi dan menghilangkan jerawat di wajah

Ada banyak cara untuk mengatasi dan menghilangkan jerawat di wajah, seperti:

  1. Gunakan obat jerawat

vitacid

Obat topikal masih merupakan cara paling efektif untuk menghilangkan jerawat yang membandel. Ada dua pilihan obat jerawat yang dapat Anda gunakan, dari resep dokter atau membeli Anda di pasar.

Jika Anda ingin menyembuhkan jerawat dengan produk gratis (tanpa resep), pilih yang mengandung benzoil peroksida atau asam salisilat. Benzoil peroksida dianggap sebagai penangkal paling efektif untuk jerawat berjerawat (pustula berisi nanah). Benzoil peroksida juga membantu menghilangkan bakteri penyebab jerawat, menghilangkan minyak berlebih dan menghilangkan sel kulit mati yang dapat menyumbat pori-pori.

Sementara itu, asam salisilat biasanya yang terbaik untuk menghilangkan jerawat kecil seperti putih dan komedo. Asam salisilat juga dapat membantu mencegah munculnya komedo di kemudian hari.

Jika Anda ingin berkonsultasi dengan dokter, obat untuk jerawat yang biasanya diresepkan juga bisa menjadi obat topikal dengan konten yang sama atau obat oral (minuman). Misalnya sebagai eritromisin, tetrasiklin, tretinoin, atau minosiklin

  1. Kenakan masker belerang

manfaat masker putih telur

Untuk membuat upaya penghapusan jerawat Anda lebih efektif, gabungkan obat-obatan dengan perawatan eksternal seperti masker wajah.

Hilangkan Jerawat

Dari berbagai pilihan masker, masker belerang cukup efektif untuk membuka pori-pori yang tersumbat dan mengurangi peradangan. Akibatnya, jerawat yang bengkak kemerahan bisa mengempis dan tampak lebih kecil.

Tapi ingat, gunakan produk sesuai dengan instruksi yang tercetak pada kemasan. Jangan biarkan terlalu lama atau gunakan terlalu sering seperti yang disarankan.

  1. Kompres es batu

pembekuan

Paket es bukanlah cara yang efektif untuk menghilangkan jerawat, tetapi mereka cukup efektif untuk mengempiskan jerawat. Karena dingin membantu mengurangi kemerahan, pembengkakan dan rasa sakit. Metode ini cocok untuk mencoba mengatasi jerawat kistik atau kistik hebat.

Sebelum mengompres es pada jerawat, bungkus es batu dengan kain lembut. Kemudian oleskan ke kulit yang meradang selama 20-30 detik. Ulangi beberapa kali sehari, terutama ketika jerawat membengkak.

  1. Oleskan minyak pohon teh

minyak pohon teh

Jika Anda menyukai perawatan alami, minyak pohon teh mungkin bisa menjadi pilihan untuk menghilangkan jerawat di wajah Anda. Minyak pohon teh membantu membunuh bakteri yang menyebabkan bakteri (P. acnes dan S. epidermidis) dan meredakan radang kulit.

Sebuah studi tahun 2007 menemukan bahwa minyak pohon teh adalah 3,5 kali lebih efektif dalam mengurangi jumlah jerawat. Selain itu, minyak ini telah terbukti 5,75 kali lebih efektif dalam mengurangi keparahan jerawat daripada plasebo.

Sebelum menggunakannya, pastikan kulit tidak mengalami iritasi dari bahan ini. Anda bisa mengujinya terlebih dahulu dengan mengoleskan sedikit minyak pohon teh pada bagian kulit wajah yang tidak bermasalah. Misalnya, rahang. Kemudian diamkan selama sekitar 24 jam untuk melihat reaksinya.

Jika tidak ada tanda-tanda iritasi atau gatal-gatal, tanda minyak ini cukup aman untuk digunakan untuk mengobati jerawat yang meradang.

  1. Oleskan lidah buaya

Gel lidah buaya telah terbukti membantu melawan bakteri, mengurangi peradangan dan mempercepat penyembuhan luka. Menurut penelitian yang dipublikasikan dalam Indian Journal of Dermatology, lidah buaya mengandung lupeol, asam salisilat, nitrogen urea, asam cinnamonic dan fenol yang dapat menghambat bakteri penyebab jerawat.

Gel lidah buaya dapat digunakan pada kulit tanpa campuran atau bersama-sama dengan obat jerawat lainnya. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa penggunaan gel lidah buaya 50% dengan krim tretinoin lebih efektif daripada menggunakan tretinoin saja.

  1. Injeksi jerawat

Suntikan botox selama kehamilan

Untuk jerawat yang sangat parah, menyakitkan dan kistik yang sulit diobati, injeksi jerawat mungkin bisa menjadi pilihan. Apalagi jika berbagai cara untuk menghilangkan jerawat di atas tidak cukup efektif untuk Anda.

Dokter biasanya akan menyuntikkan kortison berair langsung ke jerawat. Kemudian bengkak dan rasa sakit perlahan akan surut. Jerawat akan benar-benar mengempis dan akan hilang dalam waktu 48 jam setelah injeksi.

Selanjutnya, dokter Anda dapat merekomendasikan kombinasi obat jerawat seperti retinoid dan antibiotik untuk mencegah munculnya jerawat di kemudian hari.

Baca Juga :