Langkah Mudah Menghilangkan Flek Hitam Bekas Jerawat

Jerawat dapat meninggalkan tempat-tempat yang mengganggu jika perawatannya salah. Apalagi jika Anda terbiasa meremas jerawat sehingga terasa sakit. Namun, jangan khawatir. Ada banyak cara untuk menghilangkan flek hitam yang merupakan bekas jerawat yang kuat. Lihat caranya

Flek hitam bekas jerawat bukan bekas luka

Kebanyakan orang keliru menganggap komedo sebagai bekas jerawat.

Jerawat dapat meninggalkan bintik-bintik merah kecoklatan karena peradangan yang ditimbulkannya. Sementara itu, bekas jerawat muncul karena mereka mengencangkan jerawat begitu sering sehingga berubah menjadi luka.

Bekas jerawat dan bekas luka bisa sangat sulit untuk dihilangkan, bahkan mungkin permanen. Sebaliknya, komedo dari bekas jerawat dapat hilang dalam beberapa bulan perawatan.

Lantas bagaimana cara menghilangkan flek hitam dari bekas jerawat?

Ada tiga langkah sederhana yang perlu Anda pertimbangkan untuk menghilangkan flek hitam pada bekas jerawat. Berikut panduan yang bisa Anda ikuti:

Langkah pertama

Pertama, bersihkan bagian kulit yang mengandung flek hitam dari bekas jerawat dengan scrub. Dipahami bahwa sel kulit mati yang dikupas akan mengalami pergantian sel. Menggosok biji-bijian yang terlalu besar atau terlalu kasar dapat merusak kulit. Anda harus memilih produk pembersih yang mengandung natrium tetraborate decahydrate atau butiran polietilen. Gosok scrub dengan gerakan memutar halus.

Tahap kedua

Anda tidak dapat menghilangkan bintik-bintik hitam bekas jerawat tanpa bantuan dokter. Baiklah, konsultasikan masalah kulit Anda dengan dokter kulit. Dokter Anda akan mendiagnosis masalah kulit wajah dan meresepkan obat-obatan khusus, dalam bentuk krim atau gel, yang mengandung hydroquinone sebagai cara untuk menghilangkan bintik-bintik hitam bekas jerawat di wajah Anda. Penggunaan hidrokuinon dosis tinggi akan memudar bintik hitam lebih cepat.

Langkah ketiga

Konsultasikan dengan dokter atau dokter kulit Anda ketika menjalani pengelupasan kimia karena produk ini mengandung asam yang berbeda seperti glikolat, laktat atau salisilat yang dapat mengobati bekas jerawat kecil dan memudarkan bekas jerawat. Juga bicarakan dengan dokter Anda tentang berbagai prosedur yang dapat dilakukan seperti dermabrasi, pengangkatan sel kulit mati, laser ablatif, kristal aluminium oksida dan lain-lain.

Tips mencegah kembalinya bintik hitam dari jerawat

  • Jangan lupa menggunakan tabir surya

Gunakan tabir surya minimum yang mengandung SPF 30 saat meninggalkan rumah. Perlindungan terhadap sinar matahari bermanfaat untuk mencegah bintik-bintik hitam menjadi lebih gelap dan juga untuk melindungi kulit sensitif karena penggunaan hidrokuinon. Hindari menghancurkan jerawat, karena jerawat dapat memperburuk kondisi kulit.

  • Konsumsi vitamin C

Vitamin C mengandung antioksidan alami yang membantu melawan radikal bebas yang menyebabkan berbagai kerusakan kulit, termasuk komedo.

Selain itu, vitamin C juga membantu meningkatkan jumlah glutathione dan vitamin E dalam tubuh. Kedua zat ini juga dikenal sebagai antioksidan. Glutathione membantu kulit memproduksi pheomelanin, bukan eumelanin, sehingga hasilnya kulit menjadi lebih cerah.

Baca Juga :