Zaman Praaksara

Periode Praaksara – Pada kesempatan ini, rumusrumus.com akan menjelaskan era Praaksara, masa sejarah, sumber daya penelitian periode Praaksara dan sebagainya.

Memahami era Praaksara

Ini adalah waktu kehidupan manusia sebelum manusia tahu menulis.

Praaksara terdiri dari dua kata, “pra”, yang berarti belum, dan “aksara” berarti menulis.

Periode Praaksara juga disebut sebagai Nirleka, yang berarti bahwa “nir” berarti tanpa dan “lenka”, yang berarti menulis.

Praaksara adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan era di mana orang tidak terbiasa dengan tulisan.

Awal era Praaksara

Belum diketahui dengan pasti dan tidak dapat dibuktikan, tetapi yang pasti periode pra-sastra dimulai ketika manusia purba mulai ada di bumi.

Di era neozoikum atau cainozoikum, sekitar 65 juta tahun yang lalu, bumi mulai stabil, sehingga kehidupan tumbuh. Neozoikum dibagi menjadi dua zaman, yaitu era tersier (era ketiga) dan keempat (era keempat).

Di Tersier, hewan besar mulai menurunkan berat badan dan telah digantikan oleh mamalia seperti monyet dan monyet. Sementara itu, tanda-tanda kehidupan manusia purba muncul di lingkungan itu.

Periode Kuarter sendiri dibagi menjadi dua periode, periode Plaistocene, yang mewakili awal kehidupan manusia dan sering disebut sebagai zaman es dan periode Aztec, yang merupakan awal dari asal usul Homo sapiens.

Gaya hidup pada periode pra-literasi

Mengingat zaman es, yang pasti sangat sulit untuk bertahan hidup tanpa gaya hidup yang disesuaikan dengan baik, manusia purba yang hidup di era pra-sastra tentu memiliki cara hidup mereka sendiri.

Orang kuno memiliki dua karakter berbeda dalam pola kehidupan mereka. Pertama, mereka tinggal di dekat sumber air karena air adalah kebutuhan manusia yang sangat penting, mulai dari kebutuhan fisik hingga mobilitas dari satu tempat ke tempat lain. Kedua, mereka lebih suka tinggal di luar rumah. Situs kuno di sepanjang sungai Bengali Solo menjadi saksi model perumahan ini.

Hasil penelitian dalam bentuk fosil dan artefak lainnya menunjukkan bahwa manusia prasejarah pertama berasal dari perburuan dan pengumpulan, yang masih bergantung pada alam.

Karena alasan ini, mereka juga memperhatikan ketersediaan makanan. Periode ini juga disebut sebagai periode pengumpulan makanan.

Setelah periode pengumpulan makanan, mereka mulai mengenali periode produksi makanan. Tidak hanya mereka mengumpulkan makanan, tetapi bahkan orang-orang kuno mulai mengolah makanan mereka.

Ketika bumi berakhir, mereka akan mencari tanah baru. Mereka mulai menebang dan bahkan membakar hutan.

Perbedaan antara Praaksara dan Sejarah

Era Praaksara adalah masa ketika orang tidak bisa menulis. Menimbang bahwa Zaman Sejarah adalah periode kehidupan manusia yang dimulai dengan keberadaan Kitab Suci.

Akhir zaman Praaksara sejak awal zaman sejarah. Karena itu, era Praaksara juga disebut sebagai era prasejarah.

Untuk setiap negara memiliki sejarah yang berbeda. Ini karena perbedaan waktu di masing-masing negara di mana mereka tahu Kitab Suci.

Bahkan orang dahulu memiliki sistem kepercayaan. Ada tiga sistem kepercayaan yang diyakini sebagai bagian dari pendahuluan.

Animisme

Siapa yang percaya pada pengaruh roh leluhur pada kehidupan mereka.

Dinamisme

Mereka yang percaya pada kekuatan hal-hal untuk mempengaruhi kehidupan mereka.

totemismo

Mereka yang percaya pada kekuatan binatang dianggap suci.

Semua ini dapat diperoleh dari hasil penelitian arkeologis, baik dalam bentuk fosil maupun dalam bentuk artefak.